Dr. Montessori

Dr. Maria Montessori (1870 – 1952)

Biografi

Dr Maria Montessori adalah seorang pendidik, ilmuwan, dan dokter Italia. Ia mengembangkan sebuah metode pendidikan anak-anak dengan memberi kebebasan bagi mereka untuk melakukan kegiatan dan mengatur acara harian. Metode ini kelak dikenal dengan Metode Montessori.

Pendidikan

Dr Maria Montessori mengenyam pendidikan pada sebuah sekolah teknik dan lulus dengan predikat sangat baik. Setelah itu ia masuk ke dalam Regio Instituto Tecnico Leonardo da Vinci pada tahun 1886 hingga 1890 untuk mempelajari bahasa dan ilmu alam.

Pada 1890, ia melanjutkan pendidikannya sebagai mahasiswa kedokteran. Sebuah hal yang luar biasa dan mengagetkan karena ia adalah mahasiswa kedokteran wanita Italia yang pertama. Pada masa itu, sebuah hal yang mustahil bagi wanita Italia untuk memperoleh pendidikan kedokteran. Ia lulus dari sekolah kedokteran dengan predikat sangat baik.

Karir

Sebagai dokter, ia berkonsentrasi dengan masalah keadaan anak-anak dengan mental terbelakang di panti asuhan. Disebutkan bahwa kebanyakan anak-anak tersebut terganggu mentalnya karena kesalahan orang dewasa.

Pada 1900, ia mendirikan sekolah khusus bagi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di Roma. Ia menggunakan caranya sendiri dan berhasil mendidik anak-anak tersebut dengan hasil yang sebaik anak-anak pada umumnya.

Hingga menjelang akhir hidupnya, Maria Montessori terus memberikan kuliah tentang metodenya, merintis dan membuka sekolah Montessori di seluruh dunia.

Pada tahun 1929, Maria Montessori mendirikan Asosiasi Montessori International untuk melanjutkan perjuangannya. Ia menghabiskan sisa hidupnya demi advokasi anak-anak, hak-hak mereka, dan mengakui pentingnya mereka sebagai harapan bagi perdamaian dunia masa depan.

Sebelum meninggal dunia pada tahun 1952, pencapaian Dr. Maria Montessori sudah diakui di seluruh dunia. Ia memperoleh berbagai penghargaan, dan dinominasikan tiga kali untuk Hadiah Nobel Perdamaian.

Hingga hari ini, hasil penelitian Dr. Maria Montessori masih dijadikan acuan sekolah pendidikan dasar usia dini di berbagai negara di dunia, dan terbukti menghasilkan lulusan-lulusan yang terkenal kreatif, mampu berpikir out of the box, matang secara spiritual, dan berfokus pada penyelesaian masalah.

Berikut adalah video pendek mengenai biografi Dr. Maria Montessori. Di video ini juga digambarkan bagaimana pengaplikasian konsep Montessori di kelas Playgroup, Taman Kanal-Kanak, dan Sekolah Dasar.

Advertisements