Why Montessori?

Berikut ini adalah video pendek yang menggambarkan bentuk pendidikan Montessori di dalam kelas dan manfaatnya yang besar bagi anak, keluarga, dan kelak masyarakat.

Berikut ini adalah ulasan mengenai metode Montessori di berbagai media massa dan artikel ilmiah:

  • Lulusan Montessori pada umumnya mengaku kemampuannya berfikir out of the box berasal dari pendidikan Montessori. (Investors.com)
  • Studi membuktikan bahwa lulusan pendidikan Montessori lebih bermutu di bidang akademik dan sosial dibandingkan lulusan metode tradisional. (Science Journal)
  • Beberapa pengusaha sukses adalah lulusan sekolah Montessori, di mana anak mendapatkan lingkungan yang mendukung pembelajaran sesuai dengan rasa keingintahuan anak. (Harvard Business Review)
  • Di sekolah Montessori, anak menggambar karena mereka ingin mengekspresikan diri, bukan menggambar karena diperintahkan oleh guru. (Wired.com, artikel tentang Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google yang juga alumni Montessori)
  • Metode Montessori sudah berusia lebih dari 100 tahun, namun ide tersebut sungguh tak lekang dimakan usia. (Forbes, artikel tentang asal usul Google dan Amazon)
  • Anak-anak cenderung belajar dengan tata tertib yang disusunnya sendiri, daripada mendengarkan penjelasan guru. Ketika anak mempelajari sesuatu dengan mandiri, hal itu akan melekat di ingatan anak lebih kuat dan lebih lama. Mereka juga akan gagal, tapi gagal itu penting, karena dari situ anak akan belajar dari kegagalan. (Will Wright, alumni Montessori dan pendiri SimCity & Spore. Lihat juga videonya.)
  • Pendidikan Montessori adalah jalan yang paling menjanjikan untuk ditempuh, jika anak ingin bergabung dengan para creative elite, yang banyak sekali di antara mereka adalah alumni Montessori. (Wall Street Journal)
Advertisements